Sabtu, 15 September 2012

Seleksi Kelamin di Pembibitan Ayam Kampung




Metode ini sangat efektif digunakan untuk menyiapkan bibit ayam kampung pengganti unggul dan mampu menekan biaya produksi
Jari–jari tangan Tauhid  Suryaningrattampak lincah memegang dan melakukan gerakan pada ayam kampung  umur sehari (DOC/day old chicken) yang akan dilihat jenis kelaminnya. Setiap tangannya memegang seekor ayam yang akan diidentifikasialat kelaminnya.
Pantat ayam di tangan kiri dengan gerakan cepat ditekan jari telunjuk agar kotoran keluar dan ibu jari tangan kiri menahan. Lalu, dengan bantuan ibu jari tangan kanan, kloaka ayam di tangan kiri itu dibuka dan dengan bantuan lampu bohlam tipe kelamin ayam itu dapat dilihat.
Prosesnya pun hanya beberapa detik. Ayam jantan ditaruh di kotak dus sebelah kanan dan jika betina ditaruh di kotak sebelah kiri. Dan, ayam yang tadinya dipegang tangan kanan berpindah ke tangan kiri untuk diidentifikasi. Sedangkan tangan kanan mengambil ayam yang lainnya. Hal itu, terus dilakukan chicken sexer (ahli sexing) ini sampai ayam yang akan diidentifikasi habis. Sexing adalah pengenalan bentuk kelamin jantan dan betina.
Replacement Stock
Terdapat beberapa metode sexing ayam seperti vant sex (menggunakan kuku) dan feather sex (dari bulu sayap ; pada jantan bulu sekunder lebih pendek dari yang primer, betina sebaliknya). Juga auto sex (dari warna bulu ; kalau bulu jantan warna putih dan bulu betina warna merah maka pada saat sexing akan terbalik betina warna putih dan jantan sesuai dengan warna bulu induknya). “Sekarang ini breeding farm rata–rata menggunakan metode feather dan auto sex.Tapi untuk ayam GPS (grand parent stockvant sex masih dipakai juga,” jelas Tauhid.
Diakui Sigit Widodo, Ketua Kelompok Unggul – Pusat Pembibitan Ayam Kampung, metode sexing ayam ini sangat bermanfaat bagi para breeder (pembibit) khususnya untuk diterapkan di breeding farm (peternakan pembibitan) ayam kampung yang dikelolanya di daerah Caringin Bogor. “Metode ini digunakan untuk kebutuhan internal menyiapkan bibit ayam kampung pengganti (replacement stock) dari bibit yang akan diafkir. Atau jika ada permintaan dari konsumen yang menginginkan ayamnya di sexing terlebih dahulu,” terangnya.
Membedakan Kelamin
Soal indentifikasi kelamin ayam, Tauhid mengungkapkan, ayam ras memiliki kelamin yang sangat khusus karena memiliki beberapa bentuk/tipe. Kondisi ini tidak jauh berbeda pada ayam kampung. Tidak seperti hewan lain yang hanya punya 1 tipe jenis kelamin.
Pada ayam jantan memiliki 7 macam bentuk/tipe kelamin seperti ada yang kecil (small), besar (large), dan rata (flat). Sedangkan pada ayam betina terdapat 4 macam bentuk/tipe kelamin seperti ada yang yang rata (flat), kecil (small), besar cenderung rata (large), danlebih besar, ada tonjolan tapi tidak tajam (big).
Warna kelamin pada ayam jantan lebih tajam dan warna merah lebih kontras dan pekat. Sementara, warna kelamin pada ayam betina agak bias.
Tauhid mengungkapkan, perlu belajar rata–rata 2 tahun untuk menjadi chicken sexer yang mahir. Minimal pada 6 bulan pertama bisa mahir memegang dan mengeluarkan kotoran. Dalam 1,5 tahun perlu mencapai akurasi 98 %.
Artikel selengkapnya baca majalah Trobos edisi Agustus 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar