Sabtu, 15 September 2012

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                       : SMK Negeri 2 Solok Selatan
Kelas/Semester          : X/1
Mata Pelajaran          : Agribisnis Ternak Unggas
Waktu                                    : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.            1. Menjelaskan Dasar-Dasar Budidaya Ternak Unggas

1.1  Mengidentifikasikan ternak unggas berdasarkan ciri-ciri eksterior


Indikator Pencapaian Kompetensi Kognitif
Tujuan Pembelajaran
Menjelaskan pengertian cirri-ciri eksterior pada unggas
Siswa mampu menjelaskan pengertian cirri-ciri eksterior pada unggas

Indikator Pencapaian Kompetensi Psikomotor
Tujuan Pembelajaran
Mengidentifikasikan Jenis-Jenis Ayam Pedaging
Siswa mampu mengidentifikasikan jenis-jenis ayam pedaging dengan menggunakan LKS dan media gambar di papan
Mengidentifikasikan Jenis-Jenis Ayam Petelur
Siswa mampu mengidentifikasikan Jenis-Jenis Ayam  Petelur dengan menggunakan LKS dan media gambar di papan.


Indokator Pencapaian Kompetensi Afektif
Tujuan Pembelajaran
a.                                              Karakter:
Bekerja sama, mendengarkan pendapat orang lain, menghargai orang lain, bertanggung jawab, peduli, terbuka, sopan, suka menolong.
1.      Siswa mampu bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah tentang jenis-jenis ayam pedaging dan ayam petelur yang diberikan guru dalam LKS.
2.      Siswa mampu mendengarkan pendapat orang lain saat berdiskusi guna menemukan pemecahan masalah-masalah dalam LKS.
3.      Siswa mampu menghargai orang lain ketika kelompok lain sedang menyampaikan pendapat atau jawabannya di kelas.
4.      Siswa mampu bertanggung jawab dalam kelompok untuk memberikan jawaban atas setiap masalah yang diberikan.
5.      Siswa mampu peduli dan suka menolong guru serta teman yang kesulitan
b.      Keterampilan social menyumbangkan ide, menjadi pendengar yang baik, bertanya.
1.      Siswa mampu menyumbangkan ide dalam diskusi kelompok guna mencari jawaban atas masalah yang ada dalam LKS.
2.      Siswa mampu menjadi pendengar yang baik ketika temannya mengemukakan pendapatnya mengenai masalah yang diberikan.
3.      Siswa mampu bertanya kepada guru atau temannya jika ada hal yang tidak mengerti.

Materi Ajar
1.      Fakta
·         Pengertian cirri-ciri eksterior pada ayam
2.      Konsep
·         Jenis-jenis ayam pedaging
·         Jenis-jenis ayam petelur. (Bahan Ajar Terlampir)
3.      Prosedur
Mengidentifikasikan Jenis-jenis ayam pedaging dan Ayam petelur (LKS Terlampir)

Alokasi Waktu:
Beban Belajar
Waktu
Bentuk Kegiatan/Tugas
TM (tatap muka)
30 menit
Diskusi dan tanya jawab dan menampilkan media gambar tempel pada papan tulis.
PT (penugasan terstruktur)
60 menit
 Mengidentifikasikan gambar pada papan tulis dengan media LKS
KMTT (kegiatan mandiri tidak terstruktur)


Metode Pembelajaran    : Tanya Jawab, Diskusi dan Praktik
Model Pembelajaran      : Examples Non Examples
Kegiatan Pembelajaran :

Kegiatan
Alokasi
Waktu
Bentuk
Pembelajaran
Alat
Eksplorasi
Elaborasi
Kon
firmasi
A.Pendahuluan
1.Guru membuka      pelajaran dengan membaca salam dan menanyakan kabar peserta didik.
2. Absensi siswa oleh guru.
3.Memberikan apersepsi dengan mengajukan pertanyaantentang pelajaran sebelumnya
4.Motivasi
   Guru memotivasi siswa dengan pertanyaan, pernahkah kamu makan ayam potong? Apakah benar itu ayam potong atau tidak? Bagaimana ciri-ciri ayam pedaging dan ayam petelur?

B. Kegiatan Inti
1. Guru membagi siswa atas 2 kelompok yang terdiri dari 4 orang
2. Guru menjelaskan pengertian ciri-ciri ayam unggas secara eksterior melalui gambar di papan tulis
3. Guru membagikan LKS kepada Siswa dan guru membimbing siswa peduli dan suka menolong yaitu dengan menunjuk siswa ikut membantu membagi LKS.
4. Siswa berdiskusi pada kelompok membahas identifikasi tersebut pda kertas kerja.
5. Siswa mencatat hasil identifikasi tersebut pada kertas kerja.
6. Siswa melalui kelompoknya membaca hasil diskusi.
7. Guru menjelaskan materi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dari komentar dan hasil diskusi

C. KEGIATAN PENUTUP

1.      Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pelajaran dari hasil praktik.
2.      Guru membagikan soal-soal post test
3.      Siswa menjawab soal sesuai pada lembaran yang disediakan

15’



















65’
























10’






Papan tulis, alat tulis

I.                   SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Anonim. (2008). Agribisbis Ternak Unggas. Cianjur. PPPPTK.
2.      Lembar Kerja Siswa
3.      Silabus

II.                MEDIA
·           Gambar Tempel di Karton                                  
Penilaian
a.       Aspek yang dinilai
Kognitif          : Menjelaskan pengertian cirri-ciri eksterior pada ayam
Psikomotor      : Mengidentifikasi Jenis-jenis ayam pedaging dan ayam petelur
Afektif            : Berpartisipasi aktif dalam mengidentifikasi jenis-jenis ayam pedaging    dan ayam petelur    dengan   disiplin, tekun, kerja keras.
b.      Jenis Tagihan   : Laporan Hasil Praktikum

                                                                                                Padang,      September 2011
                                                                                                Peserta PLPG


                                                                                                ARIES ARMEN 
                                                                                                 11 – 0811 – 446 – 1 - 0301
                                                                                   



                                                                       


LEMBARAN KERJA SISWA
Mata Pelajaran          : AGRIBISNIS TERNAK UNGGAS
Kompetensi Dasar     : Mengidentifikasi Ternak Unggas Berdasarkan cirri-ciri eksterior
Kelas / Semester        : X/1
Waktu                                    : 1 x 20 menit

TUGAS I
1.      a. Ceritakan apa yang dimaksud dengan ciri-ciri eksterior pada Ayam
Jawab.




b.Apa yang dimaksud dengan ayam pedaging?
Jawab



c.Apa yang dimaksud dengan ayam petelur?


  TUGAS II.

2.      a. Dari gambar diatas ayam tersebut adalah ayam pedaging dengan strain ...

b.Dengan ciri-ciri keunggulannya adalah ..........................................




3.      a. Gambar diatas adalah gambar ayam pedaging dengan strain.........
    
b.Ciri-ciri keunggulan ayam tersebut adalah......






4.      a.Gambar diatas adalah gambar ayam pedaging strain....



b.Ciri-ciri keunggulan ayam tersebut adalah…………..





5.      a.Gambar diatas adalah gambar ayam petelur strain…..



b.Ciri-ciri keunggulan ayam tersebut adalah….



6.      a.Gambar diatas adalah gambar ayam petelur strain …..

            b.Ciri-ciri keunggulan ayam tersebut…..



7.      a.Gambar diatas adalah gambar ayam petelur strain………

b.Ciri-ciri keunggulan ayam tersebut adalah………


8.      Dari identifikasi gambar diatas dapat disimpulkan :
a.       Ayam pedaging mempunyai cirri-ciri umum……….


b.      Ayam petelur mempunyai cirri-ciri umum…………..






            KUNCI LKS
TUGAS I
1.      a. Ciri-ciri eksterior ayam adalah cirri-ciri luar dari ayam tersebut
            b.Ayam yang dipelihara dengan tujuan khusus untuk diambil dagingnya.
            c.Ayam yang dipelihara dengan tujuan khusus untuk diambil telurnya.
       2 . a. Arbor Acres
            b. Penggunaan pakan efisien, performans kuat, penghasil daging yang baik, bentuknya menarik
        3. a. Hubbard Flex
               b. Hubbard JV bulunya cepat tumbuh, daya hidup tinggi, dan performasinya baik. Biaya produksi karkas rendah. Daya tahan ayam ini baik sehingga menguntunglan peternak.
         4. a. Cobb Avian 48
               b. Prestasi cobb 48 menyerupai cobb 500. Sehingga memungkinkan dipanen kecil untuk dijual karkas utuh atau dipanen besar untuk memenuhi kebutuhan restotan cepat saji yang dijual potongan. Dibanding dengan cobb 500 dadanya lebih kecil tetapi biaya pemeliharaan lebih murah. Konversi pakannya bagus walapun kualitas pakan kurang baik.
5. a. Babcock B-380 (Brown)
b. Berbulu cokelat, type Dwiguna, Periode bertelur 18-80 minggu. Daya hidup ayam 94,2% . Produksi telur 50% pada saat umur ayam 141 hari. Puncak produksi mencapai 95%. Rata-rata berat telur 62,8 gram. Produksi telur (hen house) 349 butir. Produksi telur mencapai 21,9 kg. rata-rata konsumsi pakan 114 gram. Konversi pakan 2,23 kg/kg. berat badan pada umur 80 minggu sebesar 2000 gram.
6. a. BOVAN BLACK
    b. Periode bertelur 18-80 minggu. Daya hidup ayam 94,2% . Produksi telur 50% pada saat umur ayam 146 hari. Puncak produksi mencapai 94%. Rata-rata berat telur 62,5 gram. Produksi telur (hen house) 342 butir. Produksi telur mencapai 21,4 kg. rata-rata konsumsi pakan 123 gram.
7.  a. Hy-Line Brown
     b. Periode Growing sampai 18 minggu Daya hidup 98%, konsumsi pakan 7 kg dan berat bada 1,5 kg. Periode LAYING sampai 80 minggu Puncak produksi 94%, produksi telur 347 butir, dengan daya hidup 95%. Produksi 50% dicapai pada umur 149 hari. Rata-rata berat telur 65,6 kg, dengan total telur 22,8 kg. rata-rata konsumsi pakan 115 gram per ekor per hari. Warna bulu coklat kemerahan. Berat afkir 1,940 kg. temperamen ayam sangat tenang sesuai dengan berbagai metode pemeliharaan.
8. a. Badan besar, berat badannya, dipelihara untuk pedaging
    b.Badan langsing, dipelihara untuk petelur







PENILAIAN
Mata Pelajaran          : Agribisnis Ternak Unggas
Kompetensi Dasar     : Mengidentifikasi ternak unggas berdasarkan cirri-ciri eksterior
Kelas /Semester         : X/1

I.                   Soal Kognitif (Post Test)
1.      Jelaskan yang dimaksud dengan cirri-ciri eksterior ayam !
2.      Bentuk badan besar, berat badan relative tinggi, pemeliharaan pendek, hanya dipelihara untuk diambil dagingnya adalah cirri-ciri ayam….
3.      Bentuk badan langsing, berat badan ringan, pemeliharaan panjang, hanya dipelihara untuk diambil telurnya…
4.      Tuliskan 5 jenis strain ayam pedaging yang kamu ketahui
5.      Tuliskan 5 jenis strain ayam petelur yang kamu ketahui…

Tabel Penilaian Kognitif
No Soal
skor
1
1
2
1.5
3
1.5
4
3
5
3
Jumlah
10
Nilai = jumlah skor : 10
II.                PSIKOMOTOR
Nama / Kegiatan Kelompok
Memilih alat bantu
Menggunakan alat bantu
Mengambil data
Mengolah data
Merapikan alat kembali









III.             AFEKTIF
Penilaian Individu
Nama         :
Kelas         :

Petunjuk Pengisisan
Bacalah pertanyaan berikut baik-baik, kemudian beri tanda (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat anda.

SS              : Sangat Setuju
S                : Setuju
N               : Netral
TS              : Tidak Setuju
STS           : Sangat Tidak Setuju
No
Aspek Yang Dinilai
SS
S
N
TS
STS
1
Kesadaran Diri
·         Saya tertarik waktu praktikum identifikasi ternak unggas berdasarkan cirri eksterior
·         Saya bersyukur atas karunia Allah SWT menciptakan ternak ayam bermacam-macam
·         Saya yakin ternak ayam diciptakan karena banyak mengandung manfaat bagi manusia
·         Belajar mengenai ayam menambah keyakinan saya akan kebesaran Allah Yang Maha Pencipta






2
Kecakapan Berpikir Rasional
·         Saya akan berusaha mencari literature lebih banyak lagi mengenai jenis-jenis ayam petelur dan pedaging
·         Belajar mengenai ayam sangat menarik karena bisa saya amati






3
Kecakapan Sosial
·         Saya dapat menangkap dengan baik bagian-bagian ayam bersifat eksterior
·         Saya dapat menagkap  dengan baik jenis-jenis ayam petelur dan pedaging







4

Kecakapan Akademik
·         Saya tertarik membahas macam-macam ayam petelur
·         Saya tertarik membahas maca-macam ayam pedaging






Jumlah Total
55
44
33
22
11
Jumlah Nilai






Pedoman Penskoran
SS        = nilai 5
S          = nilai 4
N         = nilai 3
TS        = nilai 2
STS     = nilai 1

Keterangan
Jumlah nilai ≥ 44 s/d 55 sangat baik (A)
Jumlah nilai ≥ 33 s/d 43 baik (B)
Jumlah nilai ≥ 22 s/d 32 cukup (C)
Jumlah nilai ≥ 22             kurang (D)

KUNCI JAWABAN
1.      Ciri-ciri dimana melihat bentuk tubuh bagian luar ayam
2.      Ayam Pedaging
3.      Ayam petelur
4.      Arbor Acres, Hubbard Clasic, Hubbard F-15,Hubbard flex, cob 500
5.      Babcock B-300 v (white), Bacock B-380 (Brown), Bovan Black, Bovan Brown, Dekalb Brown


                                                                                          Padang,       September 2011
                                                                                          Peserta PLPG,



                                                                                          ARIES ARMEN      
                                                                                          11-0811-446-1-0301  



  Mata Pelajaran        : Agribisnis Ternak Unggas
Kompetensi Dasar     : Mengidentifikasi ternak unggas berdasarkan cirri-ciri eksterior
Kelas /Semester         : X/1

Soal Kognitif (Post Test)
1.      Jelaskan yang dimaksud dengan cirri-ciri eksterior ayam !
2.      Bentuk badan besar, berat badan relative tinggi, pemeliharaan pendek, hanya dipelihara untuk diambil dagingnya adalah cirri-ciri ayam….
3.      Bentuk badan langsing, berat badan ringan, pemeliharaan panjang, hanya dipelihara untuk diambil telurnya…
4.      Tuliskan 5 jenis strain ayam pedaging yang kamu ketahui
5.      Tuliskan 5 jenis strain ayam petelur yang kamu ketahui…
            








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                       : SMK Negeri 2 Solok Selatan
Kelas/Semester          : X/2
Mata Pelajaran          : Agribisnis Ternak Unggas
Waktu                                    : 1 x 50 menit
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2.            1. Merawat Ternak Sakit

1.2  Mengidentifikasikan jenis-jenis obat unggas


Indikator Pencapaian Kompetensi Kognitif
Tujuan Pembelajaran
Menjelaskan pengertian pengertian obat untuk ternak unggas
Siswa mampu menjelaskan pengertian obat untuk ternak unggas

Indikator Pencapaian Kompetensi Psikomotor
Tujuan Pembelajaran
Mengidentifikasikan Jenis-Jenis obat yang termasuk antiseptika dan desinfektan
Siswa mampu mengidentifikasikan jenis-jenis obat yang termasuk antiseptika dan desinfektan sesuai dengan LKS
Mengidentifikasikan Jenis-Jenis obat yang termasuk obat-obatan sulfa (sulfonamide)
Siswa mampu mengidentifikasikan Jenis-Jenis obat-obatan sulfa (sulfonamide) sesuai dengan LKS
Mengidentifikasikan Jenis-jenis obat yang termasuk  antibiotika
Siswa mampu mengidentifikasikan jenis-jenis obat yang termasuk antibiotika sesuai dengan LKS
Mengidentifikasikan Jenis-jenis obat yang termasuk obat cacing
Siswa mampu mengidentifikasikan jenis-jenis obat yang termasuk obat cacing sesuai dengan LKS
Mengidentifikasikan Jenis-jenis obat yang termasuk obat farmakodinamis
Siswa mampu mengidentifikasikan jenis-jenis obat yang termasuk obat farmakodinamis sesuai dengan LKS.



Indokator Pencapaian Kompetensi Afektif
Tujuan Pembelajaran
a.                                              Karakter:
Bekerja sama, mendengarkan pendapat orang lain, menghargai orang lain, bertanggung jawab, peduli, terbuka, sopan, suka menolong.
6.      Siswa mampu bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah tentang jenis-jenis obat ternak yang diberikan guru dalam LKS.
7.      Siswa mampu mendengarkan pendapat orang lain saat berdiskusi guna menemukan pemecahan masalah-masalah dalam LKS.
8.      Siswa mampu menghargai orang lain ketika kelompok lain sedang menyampaikan pendapat atau jawabannya di kelas.
9.      Siswa mampu bertanggung jawab dalam kelompok untuk memberikan jawaban atas setiap masalah yang diberikan.
10.  Siswa mampu peduli dan suka menolong guru serta teman yang kesulitan
b.      Keterampilan social menyumbangkan ide, menjadi pendengar yang baik, bertanya.
4.      Siswa mampu menyumbangkan ide dalam diskusi kelompok guna mencari jawaban atas masalah yang ada dalam LKS.
5.      Siswa mampu menjadi pendengar yang baik ketika temannya mengemukakan pendapatnya mengenai masalah yang diberikan.
6.      Siswa mampu bertanya kepada guru atau temannya jika ada hal yang tidak mengerti.

Materi Ajar
1.      Fakta
·         Pengertian obat ternak unggas
2.      Konsep
·         Jenis-jenis obat-obatan ternak unggas (bahan ajar terlampir)
3.      Prosedur
Mengidentifikasikan Jenis-jenis obat-obatan pada ternak Unggas (LKS Terlampir)




Alokasi Waktu:
Beban Belajar
Waktu
Bentuk Kegiatan/Tugas
TM (tatap muka)
15 menit
Diskusi dan tanya jawab dan menampilkan media gambar tempel pada papan tulis.
PT (penugasan terstruktur)
35 menit
 Mengidentifikasikan obat-obatan  dengan media LKS
KMTT (kegiatan mandiri tidak terstruktur)


Metode Pembelajaran    : Tanya Jawab, Diskusi dan Praktik
Model Pembelajaran      : Demonstrasi
Kegiatan Pembelajaran :

Kegiatan
Alokasi
Waktu
Bentuk
Pembelajaran
Alat
Eksplorasi
Elaborasi
Kon
firmasi
A.Pendahuluan
1.Guru membuka      pelajaran dengan membaca salam dan menanyakan kabar peserta didik.
2. Absensi siswa oleh guru.
3.Memberikan apersepsi dengan mengajukan pertanyaantentang pelajaran sebelumnya
4.Motivasi
   Guru memotivasi siswa dengan pertanyaan, pernahkah melihat ayam sakit? Pernahkah kamu mencoba mengobati ayam sakit? Obat apa yang kamu berikan waktu ayam kamu sakit? Mari kita coba mempelajari obat-obatan ternak unggas
B. Kegiatan Inti
1. Guru membagi siswa atas 2 kelompok yang terdiri dari 4 orang
2. Guru menjelaskan pengertian obat ternak unggas melalui kertas koran
3. Guru menjelaskan peta konsep obat-obatan ternak unggas.
4. Guru membagi siswa menjadi 2 kelompok yang beranggotakan 4 orang.
5. Siswa berdiskusi pada kelompok membahas identifikasi obat-obatan pada ternak tersebut dan menuliskan pada kertas kerja.
6. Siswa melalui kelompoknya membaca hasil diskusi.
7. Guru menjelaskan materi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dari komentar dan hasil diskusi
C. KEGIATAN PENUTUP
1.      Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pelajaran dari hasil praktik.
2.      Guru membagikan soal-soal post test
3.      Siswa menjawab soal sesuai pada lembaran yang disediakan

10’





















35’





















5’






Obat-obatan Ternak

SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Ekhsan, M. (1997). Dasar Kesehatan Ternak. Cianjur. PPPPTK.
2.      Lembar Kerja Siswa
3.      Silabus
MEDIA
·           Obat-obatan Ternak                                             
Penilaian
a.       Aspek yang dinilai
Kognitif          : Menjelaskan pengertian obat ternak unggas
Psikomotor      : Mengidentifikasi Jenis-jenis obat pada unggas
Afektif            : Berpartisipasi aktif dalam mengidentifikasi jenis-jenis obat pada unggas.
c.       Jenis Tagihan   : Laporan Hasil Praktikum
                                                                                                Padang,      September 2011
                                                                                                Peserta PLPG

                                                                                               ARIES ARMEN 
                                                                                              11 – 0811 – 446 – 1 - 0301
                                                                                   


LEMBARAN KERJA SISWA I.
Mata Pelajaran : AGRIBISNIS TERNAK UNGGAS
Kompetensi Dasar       : Mengidentifikasi Obat-obatan ternak unggas
Kelas / Semester          : X/1
Waktu                          : 1 x 20 menit
Tujuan                         : Siswa mampu mengindentifikasikan obat-obatan ternak
Alat dan bahan                        : Obat-obatan ternak
Langkah Kerja             : Kelompokkan obat-obatan ternak tersebut berdasarkan jenis  obatnya.

Tabel 1. Lembar Kerja Identifikasi Obat-obatan ternak Unggas
No
Jenis-jenis Obat
Anti septika
Obat-obatan Sulfa
Antibiotika
Obat cacing
Obat Farmakodinamis

















































LEMBAR KERJA SISWA 2
1.      Apa perbedaan antiseptika dengan adesinfektan?
Jawab



2.      Apa yang dimaksud dengan obat-obatan sulfa (sulfanomida)?
Jawab



3.      Apa yang dimaksud dengan antibiotika?
Jawab



4.      Apa fungsi Obat Cacing?
Jawab



5.      Apa yang dimaksud dengan obat farmakodinamis?
Jawab
            KUNCI LKS 1
1.      Obat antiseptika : alcohol, yodium, karbol, kaporit, KMNO4, Formalin, Belerang
2.      Obat-obatan Sulfa (sulfanomida) : sulfonamides, furazolidone, sulfacholopyrazine, sulfadimethoxine, sulfathiazole, sulfadiazine, sulfamerazin, sufapyridin
3.      Antibiotika : Penicillin, streptomycin, tetracycline, chloramphenicol
4.      Obat cacing : heterakis gallinae
5.      Obat farmakodinamis : vitamin dan hormone
            KUNCI LKS 2
1.      Antiseptika berhasiat menghambat perkembangbiakan dan pertumbuhan bakteri, sedangkan desinkfektan berfungsi membunuh bakteri atau bibit-bibit penyakit
2.      Segolongan zat kimia organic yang dibuat secara sintentis dan mempunyai khasiat sebagai pembasmi bibit penyakit
3.      Golongan obat yang bekerja membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme
4.      Mengeluarkan atau membasmi cacing yang ada dalam tubuh hewan ternak
5.      Bekerja mempercepat atau menekan proses faali atau fungsi biokemis di dalam tubuh




PENILAIAN
Mata Pelajaran          : Agribisnis Ternak Unggas
Kompetensi Dasar     : Mengidentifikasi jenis-jenis obat ternak unggas
Kelas /Semester         : X/1

I.                   Soal Kognitif (Post Test)
Untuk soal no 1., jawablah dengan satu kata (Fill in)
1.       Zat kimia maupun bahan dari tumbuh-tumbuhan atau hewan yang dalam takaran layak akan mempengaruhi secara baik fungsi faal dari tubuh disebut dengan…..
(skor 1)

2.       Dibawah ini adalah obat-obatan yang termasuk dalam jenis obat-obatan antiseptika dan desinfektan, kecuali……
a.       Alcohol      b. yodium    c. karbol     d. penicillin    e.formalin
(skor 2)

Untuk soal nomor 3 : 
Pilihlah A Jika Pernyataan 1,2,3 Benar
             B Jika pernyataan 1,3 benar
             C Jika pernyataan 2, 4 benar
             D Jika pernyataan 4 saja yang benar
             E Jika semua pernyataan benar

3.       Yang termasuk obat-obatan sulfa dibawah ini adalah
A.Sulfonamides    B. Kaporit    C.Furazolidane    D.Penicillin   E.Vitachick
(skor : 3)

Untuk Soal Nomor 4, pilih :
A Jika Pernyataan Benar, Alasan Benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat
B Jika Pernyataan Benar, Alasan Benar dan keduanya tidak mepunyai hub. Sebab akibat
C Jika Pernyataan Benar, Alasan Salah
D Jika Pernyataan Salah, Alasan Benar
E Jika Pernyataan Salah, Alasan Salah

4.       Antibiotika merupakan golongan obat yang bekerja membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme.  Obat farmakodinamis bekerja mempercepat atau menekan proses faali atau fungsi biokemis di dalam tubuh.
(skor 3)

Untuk soal nomor 5 pilih B jika Benar dan S jika Salah :

5.       Obat cacing berfungsi mengeluarkan atau membasmi cacing yang ada dalam tubuh hewan ternak    (B – S)
(skor 1)



II.                PSIKOMOTOR
Nama / Kegiatan Kelompok
Memilih alat bantu
Menggunakan alat bantu
Mengambil data
Mengolah data
Merapikan alat kembali









3.      AFEKTIF
Penilaian Individu
Nama         :
Kelas         :

Petunjuk Pengisisan
Bacalah pertanyaan berikut baik-baik, kemudian beri tanda (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat anda.

SS              : Sangat Setuju
S                : Setuju
N               : Netral
TS              : Tidak Setuju
STS           : Sangat Tidak Setuju
No
Aspek Yang Dinilai
SS
S
N
TS
STS
1
Kesadaran Diri
·         Saya tertarik waktu praktikum identifikasi obat ternak unggas
·         Saya bersyukur atas karunia Allah SWT yang memberikan ilmu kepada manusia untuk menciptaakan obat ternak
·         Saya yakin obat ternak dibuat karena banyak mengandung manfaat bagi manusia
·         Belajar mengenai obat menambah keyakinan saya akan kebesaran Allah Yang Maha Pencipta






2
Kecakapan Berpikir Rasional
·         Saya akan berusaha mencari literature lebih banyak lagi mengenai jenis-jenis obat unggas
·         Belajar mengenai obat unggas sangat menarik karena bisa saya amati






3
Kecakapan Sosial
·         Saya dapat menangkap dengan baik jenis-jenis obat unggas
·         Saya dapat menagkap  dengan baik fungsi jenis-jenis obat unggas







4

Kecakapan Akademik
·         Saya tertarik membahas macam-macam obat unggas
·         Saya tertarik membahas fungsi obat unggas






Jumlah Total
55
44
33
22
11
Jumlah Nilai






Pedoman Penskoran
SS        = nilai 5
S          = nilai 4
N         = nilai 3
TS        = nilai 2
STS     = nilai 1

Keterangan
Jumlah nilai ≥ 44 s/d 55 sangat baik (A)
Jumlah nilai ≥ 33 s/d 43 baik (B)
Jumlah nilai ≥ 22 s/d 32 cukup (C)
Jumlah nilai ≥ 22             kurang (D)


KUNCI JAWABAN
1.      Obat
2.      D
3.      B
4.      B
5.      B


                                                                                          Padang,       September 2011
                                                                                          Peserta PLPG,



                                                                                          ARIES ARMEN      
                                                                                          11-0811-446-1-0301  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar