Matematika merupakan cabang utama dari
ilmu Filsafat. Yang menjadi ibu dari segala ilmu. Dengan demikian,
pengajaran matematika menjadi salah satu hal yang pokok dalam menanamkan
nilai-nilai dasar ilmu pengetahuan.
Belajar matematika sangat menyenangkan,
karena dibalik apa yang kita merasa sulit, matematika menghadirkan
keajaiban dalam perhitungan. Ada banyak sekali perhitungan asyik dalam
matematika. Beberapa diantaranya dapat disimak dalam uraian di bawah
ini.Yok, simak bersama!
a. Perkalian dengan bilangan sebelas. Ada
cara ajaib dalam mengalikan suatu bilangan dengan bilangan sebelas.
Misalnya kita akan mengalikan 63 dengan 11, maka 63 x 11 adalah ….
1. 6 3 x 11 = 6 (6+3) 3 = 693
2431 x 11 =
2. 2 . . .4 . . . 3 . . . 1 = 2(2+4) (4+3) (3+1) 1
= 2 6 7 4 1
3. 34567 x 11 =
= 3(3+4)(4+5)(5+6)(6+.7)7 = 3(3+4+1(simpanan 10)(4+5+1(simpanan
11)(5+6+1)(simpanan13) (6+7) tulis satuanya saja 7 = 380237
4. 235468 x 11 =
= 2(2+3)(3+5+1)(5+4+1)(4+6+1)(6+8)8
= 2590148
5. 34567812 x 11=
= 3(3+4+1)(4+5+1)(5+6+1)(6+7+1)(7+8)(8+1)(1+2)2
=380245932
b. Pengkuadratan bilangan dengan akhir
lima. Ada cara ajaib dalam mengkuadratkan suatu bilangan dengan akhir
lima. Kamu pasti sudah mengetahui bahwa 5 kuadrat = 5×5, jadi 5 kuadrat =
25. Bagaimana dengan 25 kuadrat , 35 kuadrat, atau 65 kuadrat ? Cara
ajaibnya adalah:
25 kuadrat = 2 x(2+1) … 25 = 6 25
Untuk mengkuadratkan 25, ambilah
angka yang pertama, yaitu 2, dan kalikan dengan bilangan itu sendiri
setelah menambahkan 1 yaitu, 3.
Tulis hasil diatas dengan dan simpan 25 dibelakangnya untuk memperoleh hasil yang benar.
35 kuadrat = 3 x (3+1) … 25 = 12 25
Untuk mengkuadratkan 35, ambilah
angka yang pertama, yaitu 3, dan kalikan dengan bilangan itu sendiri
setelah menambahkan 1 yaitu,4.
Tulis hasil diatas dengan dan simpan 25 dibelakangnya untuk memperoleh hasil yang benar.
65 kuadrat = 6 x (6+1) … 25 = 42 25
Untuk mengkuadratkan 65, ambilah
angka yang pertama, yaitu6, dan kalikan dengan bilangan itu sendiri
setelah menambahkan 1 yaitu,7.
Tulis hasil di atas dengan dan simpan 25 dibelakangnya untuk memperoleh hasil yang benar.
c. Selisih dua kuadrat. Bila ada dua
bilangan kuadrat diselisihkan, maka cara ajaibnya adalah kedua bilangan
tersebut ditambahkan, dikalikan hasil pengurangan kedua bilangan
tersebut. Misal ingin diketahui hasil dari 25 kuadrat – 24 kuadrat maka
cara ajaibnya adalah:
25 kuadrat – 24 kuadrat = (25+24)x(25-24)
= 49 x 1 = 49
d. Berhitung dengan lima. Membagi ataupun
mengalikan dengan dengan menggunakan bilangan 5 bisa dibuat menjadi
lebih mudah dan cepat jika kamu mengenali bahwa 5 memliki hubungan
dengan bilangan 10. Bila kita ingin mengalikan 46828 x 5 cara ajaibnya
adalah membagi semua angka dengan 2, kemudian meletakkan angka 0
dibelakangnya apabila akhir bilangan yang dikalikan 5 tersebut bilangan
genap.
4 6 8 2 8 x 5 = …
4:2 6:2 8:2 2:2 8:2 = 2 3 4 1 4 0
2 3 4 1 4
Bila kita ingin mengalikan 86849 x 5
cara ajaibnya adalah membagi semua angka dengan 2, kemudian meletakkan
angka5 dibelakangnya apabila akhir bilangan yang dikalikan 5 tersebut
bilangan ganjil.
8 6 8 4 9 x 5 = …
8:2 6:2 8:2 4:2 9:2 = 4 3 4 2 4 5
4 3 4 2 4 sisa 1
e. Mengalikan dengan bilangan 25.
Mengalikan suatu bilangan dengan 25 dapat dilakukan dengan cara membagi
bilangan tersebut dengan 4, bila tepat habis tinggal ditambah angka nol
nol dibelakangnya. Misala 28 x 25 maka hasilnya adalah 28 dibagi 4
adalah 7, sehingga 28 x 25 = 700. Contoh lain 32 x 25 cara
mengerjakannya 32 dibagi 4 hasilnya 8, sehingga 32 x 25 adalah 800. Bila
bilangan yang dikalikan 25 tersebut dibagi 4 sisa 1, maka hasil
pembagiannya diberi 25, bila sisa 2 diberi 50, bila sisa 3 diberi 75.
Contohnya bila 33 x 25, maka hasilnya 825, karena 33 dibagi 4 adalah 8
sisa 1, sehingga 32 x 25 = 825.
f. Hasil perkalian bilangan Sembilan dengan bilangan asli hasil kalinya ,jika dijumlahkan hasilnya Sembilan . Contohnya :
1. 9 x 1 = 9 ,itu artinya 09 = 0 + 9 = 9 ,
2. 9 x 2 = 18 ,1 + 8 =9 ,
3. 99 x 12 = 1188 ; 1 + 1 + 8 + 8 = 18 = 1 + 8 = 9
4. 9999 x 9 = 89991 = 8 + 9 +9 +9 + 1 = 36 = 3 + 6 = 9
Setiap kita mendengar
kata”Matematika” yang terbayang adalah sederet soal-soal yang membuat
kepala “nyut-nyutan” karena pusing. Nah, bila kita termasuk dalam
kelompok di atas berarti kita belum mengetahui cara pembelajaran yang
menyenangkan dalam bidang studi matematika. Mau tahu istilahnya? Dalam
dunia pendidikan dikenal istilah Pembelajaran Matematika Realistik (PMR)
atau Realistic Mathematic Education (RME). Sekarang kita harus tahu
cara menerapkan metode PMR tersebut untuk mengajarkan siswa-siswa atau
anak-anak bidang studi Matematika.
Sebagai contoh, untuk siswa kelas
satu Sekolah Dasar (SD), yang belajar penjumlahan dan pengurangan, bisa
menggunakan batu-batu kecil atau sejenis kacang-kacangan sebagai alat
bantu dalam penerapan metode PMR ini.
Sebagai langkah awal, saat siswa akan
menjumlahkan 5+4=? Siswa dianjurkan untuk mengambil 5 batu dengan cara
dihitung satu persatu kemudian diletakkan di piring (misalnya) lalu
siswa mengambil 4 batu lagi dan dimasukkan juga ke dalam piring.
Selanjutnya siswa menghitung semua batu yang ada di dalam piring. Nah,…
menyenangkan sekali bagi siswa-siswa kita. Ternyata jumlah semuanya ada 9
batu.
Selanjutnya untuk siswa kelas dua (2)
yang belajar pecahan, misalnya, dapat menggunakan roti sebagai alat
peraganya. Sehingga saat siswa dikenalkan dengan pecahan 1/2 siswa dapat
memotong rotinya menjadi 2 bagian, begitu seterusnya.
Yang pasti, dengan cara di atas
setiap siswa akan merasakan Matematika sebagai suatu pelajaran yang
menyenangkan, karena aktivitasnya dilakukan sambil bermain.
sumber: blog.unila.ac.id/imadesulatra/archives/213
Tidak ada komentar:
Posting Komentar